Breaking News
Loading...
Thursday 26 September 2013

Kapan Saatnya Mengganti Oli Motor?

20:18

Berita Otomotif - Mesin pada sebuah motor , Di dalam mesin motor ada berbagai macam komponen yang bekerja untuk menghasilkan tenaga bagi motor sehingga berjalan dengan baik. Sedangkan oli berfungsi untuk melindungi komponen-komponen tersebut dari proses gesekan yang terjadi di dalam mesin. 

kapan ganti oli motor


Apabila kita tida melakukan penggantian oli secara rutin, bisa dipastikan komponen-komponen tersebut akan cepat aus dan mesin bisa rusak. Agar mesin motor tetap sehat dan berfungsi dengan baik, Jadi kapan ganti oli motor sebaiknya?

- Agar mesin lebih awet dan tahan lama sebaiknya penggantian oli berdasarkan jarak tempuh. Meskipun tertera pada petunjuk pemakaian, biasanya 1.500/km-4.000/km. Untuk jarak tempuh pendek yang satu bulan menempuh bisa mencapa 200-500 km, disarankan untuk mengganti oli setiap 1.5 bulan.

- Sedangkan jarak menengah di atas 500 km per bulan sebaiknya mengganti oli setiap sebulan sekali. Berbeda juga dengan yang jarak tempuhnya jauh hingga 200 km per hari, sebaiknya ganti oli setiap 2 minggu sekali atau setiap 1200 km (untuk oli dengan jarak tempuh 2000 km).

- Gunakan oli yang berkualitas tinggi sesuai dengan spesifikasi mesin motor. Untuk amannya, Anda bisa gunakan oli keluaran dari pabrik motor tersebut.


Semoga dengan penggantian oli yang tepat ,motor sehat dan performa mesin pun jadi terjaga. Salam tips otomotif (wf)
Comment With:
OR
The Choice is Yours!

No comments:

 
Toggle Footer