Breaking News
Loading...
Monday, 23 September 2013

Tips Merawat Wiper Mobil

Sering jengkel karena wiper mobil berbunyi pada saat digunakan atau juga wiper malah menggores kaca mobil? Hal ini sering terjadi karena ketidaktahuan pemilik mobil dalam merawat wiper mobil. Padahal wiper sangat membantu sekali saat berkendara di kala hujan lebat. Agar wiper tetap berfungsi dengan baik, simak tips merawat wiper mobil dibawah ini:

tips merawat wiper mobil


- Lakukan pengecekan wiper dengan detail, apabila karetnya sudah retak atau getas, segeralah ganti dengan yang baru.

- Lakukan pembersihan air tangki wiper secara rutin untuk membersihkan kerak atau kotoran didalamnya.                       

- Agar karet wiper tidak cepat getas, hindari membersihkan pinggiran karet wiper, karena disana terdapat lapisan graphite yang membuat karet tetap elastis. Gunakan kaneebo basah untuk mengelap ujung karet wiper.

- Gunakanlah stand wiper pada saat wiper tidak digunakan, sehingga karet tidak menempel dengan kaca mobil.

- Cek bagian poros engkol wiper. Agar pergerakannya lancar, semprotkan cairan 4wd sambil wiper dinyalakan.

- Untuk air wiper, cukup gunakan shampoo yang dicampur dengan air. Jika harus menggunakan produk air wiper after market, bersihkan selalu tangki air wiper, karena kandungan asam dari produk after market sering mengendap dalam tangki sehingga menyumbat penyemprotan air wiper.

- Apabila semprotan air wiper tersendat atau tidak lancar, bersihkan nosel dengan jarum pentul atau peniti, dan bersihkan tangki air wiper.


Dengan perawatan yang tepat, karet wiper menjadi awet dan lebih lama umurnya. Semoga tips otomotif ini berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Salam. (wf)
 
Toggle Footer