Breaking News
Loading...
Wednesday, 4 September 2013

Tips Membeli Mobil Bekas


Car Reviews - Memilih mobil bekas yang bagus dan berkualitas memang merupakan suatu hal yang cukup memakan waktu dan tentunya tidaklah mudah. Karena untuk menilai sebuah mobil bekas dibutukan ketelitian dan orang yang berpengalaman. Salah pilih mobil bekas, bisa menyebabkan kita menyesal di kemudian hari, apakah mobil cepat rusak atau bisa mobil yang kita beli adalah mobil curian.

tips membeli mobil bekas



Namun hal ini berbeda jika kita membeli dengan orang yang dekat atau sudah kenal dengna kita, misalnya saudara atau teman kita sendiri. Karena kita bisa mengetahui secara detail tentang riwayat mobil yang akan kita beli. Sedangkan apabila membeli mobil bekas dengan orang yang kita belum kenal, ini yang harus diperhatikan, agar tidak kecewa dilain hari:

- Sebelum membeli mobil bekas, sebaiknya Anda mengetahui dulu detail dan spesifikasi mobil tersebut. Ketahui juga berapa harga pasaran mobil bekas yang akan Anda beli dan juga tahun pembuatannya. Hal ini bisa anda cari melalui internet.

- Cek kondisi mobil, Anda bisa melihat kondisi fisik mobil tersebut secara detail baik pada body mobil, bagian kolong, bahkan juga bagian bagasi dan pintu mobil diperhatikan dengan seksama apakah ada korosi, lecet dan sebagainya.

- Setelah itu cek, kondisi mesin mobil. Caranya dengan melakukan test drive, disini yag diperhatikan adalah suara mesin, getaran mesin, engine mouting, kopling, rem, bagian kaki-kaki mobil dan juga perpindahan perseneling. Test drive juga harus dilakukan pada jalan yang bervariasi, seperti jalan lurus, belok, tanjakan, turunan, dan juga jalan berlobang agar ktai mengetahui dengan persis kondisi mobil yang ada.

- Cek juga bagian kelistrikannya, terutama lampu rem, lampu utama, speedometer, AC, panel dashboard berfungsi dengan baik. Perhatikan juga jok mobil dan interior mobil terpasang dengan rapi.

-Cek surat-surat mobil, Periksa bagian mesin dan rangka mobil, apakah sama dengan surat kendaraan tersebut. Perhatikan juga cetakan dari SNTNK ataupun BKPB mobil tersebut dengan detail. Sebaiknya anda juga mengecek keaslian STNK dengan mengecek nomor plat mobil dengan mengirim SMS ke 1717. Untuk daerah Jakarta, cukup dengan mengetik METRO<spasi>Plat Nomor Kendaraan, tarif persms rp 1000,-

Setelah puas mengecek mobil dan melakukan test drive. Sebaiknya Anda pertimbangkan dengan baik apakah Anda suka atau tidak dengan mobil bekas tersebut.

Ada beberapa info tambahan dalam membeli mobil bekas:

- Lakukanlah transaksi jual beli ditempat yang aman dan jelas terlihat. Misalnya di show room atau dealer mobil bekas terpercaya, lakukan transaksi di siang hari.

- Hati-hati dengan mobil yang dibandrol leih murah dari harga pasaran, kecualai orang tersebut memang lagi butuh uang atau ada kebutuhan medesak. Selain alasan tersebut, bisa disinyalir mobil tersebut adalah mobil curian. Anda perlu mengeceknya secara teliti.

- Agar lebih yakin dengan keabsahan mobil bekas tersebut. Anda bisa mendatangi bagian Tata Usaha STNK dan BPKB Kantor Samsat di Polda setempat untuk mengecek dengan pasti mobil yang Anda beli sedang tidak bermasalah atau pernah masuk dalam daftar blokir (mobil hilang).

- Mintalah fotocopi KTP penjual mobil tersebut, dan juga alamat terbaru dan nomor ponsel si penjual mobil yang bisa dihubungi apabila sewaktu-waktu Anda membutuhkan data untuk mengurus surat-surat kendaraan.

- Sebaiknya mobil bekas di usahakan utuk balik nama, agar kita bisa merasa nyaman dan tenang.

Semoga tips membeli mobil bekas ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Salam tips otomotif. (wk)

 
Toggle Footer