Breaking News
Loading...
Thursday, 5 September 2013

Tips Membaca Kode Produksi Aki Mobil

Berita Otomotif - Baterai aki atau accu pada mobil memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah kendaraan. Aki yang sudah mulai habis, biasanya ditandai dengan macetnya proses starter pada saat mobil dihidupkan. Apabila sudah ada tanda-tanda seperti ini, sebaiknya cek aki dan segera ganti dengan yang baru.

kode produksi aki mobil


Agar tidak salah pilih aki mobil, ada baiknya kita mengenal kode produksi aki mobil. Tips ini saya ambil dari otosia.com

Aki yang dijadikan contoh adalah ak dengan merek Global, Delkor, Rocket dan Bosch. Keempatnya aki ini memiliki kesamaan dalam proses pengkodean aki.

Misalnya, pada bagian kode produksi tercantum JA22G15. Yang mesti kita perhatian adalah adalah 4 digit terakhir yaitu 2G15.

- 2 menunjukkan tahun produksi yaitu 2012, apabial angka 3 berarti tahun 2013 dan berlaku seterusnya.
- G menandakan bulan produksi. Yaitu dengan pengkodean meliputi, A sebagai penunjuk bulan Januari, B adalah Februari, C sebagai bulan Maret dan seterusnya. Sampai dengan huruf M yang menunjukkan bulan Desember.
- 2 digit angka terakhir menandakan bulan produksi yaitu tanggal 15. Jadi untuk kode produksi di atas itu berarti aki tersebut dibuat pada 15 Juli 2012.

Selain itu perlu diingat bahwa kode produksi sangat penting dalam menentukan umur pakai aki khususnya untuk tipe Bebas Maintenance atau MF.

Sebagai catatan, perlu perhatikan kapasitas atau ampere aki, ukuran atau dimensi serta tegangannya. Kapasitas dan tegangan yang lebih besar bisa mengakibatkan kerusakan pada sistem kelistrikan mobil.
 
Toggle Footer