Breaking News
Loading...
Monday, 16 September 2013

Tips Merawat Power Steering

Majalah Otomotif Online - Power steering pada sebuah mobil berfungsi untuk membuat system kemudi menjadi ringan. Dengan power steering proses mengemudi terasa lebih nyaman dan membelokkan mobil tanpa harus mengeluarkan tenaga yang lebih.
tips merawat power steering


Saat ini ada dua jenis power steering yang digunakan yaitu power steering mekanik atau hidrolik dan juga power steering elektrik. Agar kerja Power steering mobil tetap berfungsi optimal dan bisa awet, ada yang harus diperhatikan bagi pemilik mobil, Berikut tips merawat power steering:

1. Pada saat parkir, posisi roda harus lurus. Hindari memarkir mobil dengan posisi roda yang tidak lurus karena bisa menyebabkan system hidrolik menjadi rusak
2. Hindari memutar lingkar kemudi sampai habis, apalagi sampai mengeluarkan bunyi. Apalagi kita sering melakukan ini karet di system hidrolik bisa cepat robek.
3. Tekanan angin ban harus stabil, tidak lebih dan kurang. Dengan tekanan yang pas kerja power steering pun menjadi optimal. Lihat disini tips merawat ban mobil.
4. Hindari memutar setir, pada saat mobil dalam keadaan diam, Biasakan memutar setir pada saat mobil sedang berjalan.
5. Jika rusak, ganti dengan spare part original. Jangan mengakali komponen power steering dengan spare part abal-abal, karena akan bberdampak pada bagian power steering lainnya.
6. Lakukan pengecekan rutin minimal setahun sekali.
7. Untuk power steering elektrik, usahakan menghindari jalanan banjir atau tergenang air lebih dari batas roda. Hal ini bertujuan untuk menghindari system kelistrikannya terkena air dan bisa menyebabkan rusak.

Dengan merawat power steering dengan tepat, mengemudi pun terasa lebih nyaman dan menyenangkan. Semoga bermanfaat dan salam. (wf)

 
Toggle Footer