Breaking News
Loading...
Tuesday, 29 October 2013

Tips Mengemudi Melewati Banjir

Majalah Otomotif - Kondisi hujan dan terhadang banjir kadang datang secara tiba-tiba. Namun mau gak mau mobil harus tetap jalan kalau tidak mobil akan mogok pada saat terjebak banjir.

tips mengemudi melewati banjir


Namun bagi Anda yang sudah terjebak banjir atau genangan air yang cukup tinggi, hal ini bisa disiasati dengan cara mengemudi yang tepat dan tetap hati-hati. Berikut tips mengemudi mobil melewati banjir atau genangan air:

- Segera matikan AC mobil agar kinerja beban mesin berkurang dan hal ini juga berguna untuk mencegah terjadinya hubungan pendek pada system kelistrikan mobil.

- Amati situasi genangan air, carilah genangan yang rendah yang biasanya ada di posisi tengah jalan atau jika anda biasa lewati jalan tersebut, anda bisa memperkirakannya.

- Jaga putaran mesin di rpm 2500-3000, saat melewati banjir dengan teknik setengah kopling dan gigi terendah. Hal ini bertujuan untuk mencegah agar mesin tidak mati dan knalpot tidak kemasukan air.

- Hindari arus air dari samping, karena bisa mendorong mobil sehingga terseret arus air.

- Setelah melewati genangan air, sebaiknya periksa bagian rem apakah masih berfungsi dengan normal. Agar kinerja rem kembali normal atau tromolnya kembali kering, anda bisa melakukan pengereman secara perlahan dan pastikan tidak ada mobil dibelakang.

- Jangan lupa untuk mencuci kolong mobil setelah melewati genangan banjir untuk mencegah terjadinya karat pada bagian tersebut.


Dengan cara yang tepat kita bisa melewati banjir dengan tenang. Semoga tips otomotif ini bisa bermanfaat. Salam. (wf)
 
Toggle Footer