Breaking News
Loading...
Sunday, 27 October 2013

Peralatan Wajib Ada di Mobil Anda

Majalah Otomotif - Melakukan perjalanan dengan mobil baik jarak dekat ataupun jarak jauh memberikan kenyamanan yang lebih terhadap orang di dalamnya. Namun kita tidak pernah tahu, peristiwa yang akan terjadi pada saat mengendari mobil. Bisa saja mobil mogok atau ban bocor dan sebagainya di dalam perjalanan. Untuk Mengantisipasi hal seperti ini ada beberapa peralatan yang wajib dibawa di dalam mobil. Apa saja itu, simak ulasannya dibawah ini:

emergency tools


- Kotak P3K. merupakan hal yang harus di cek secara rutin. Khususnya bagi yang sering membawa anak-anak berlibur dengan mobil.

- Alat pemecah kaca berfungsi pada saat darurat, dan pintu mobil tidak bisa dibuka secara normal.

- Senter sangat bermanfaat digunakan untuk mengecek kondisi mobil di malam hari di tempat yang gelap.

- Bohlam cadangan juga harus dibawa, apabila bohlam utama putus disaat perjalanan dan tidak ada bengkel terdekat.

- Peralatan ganti ban seperti dongkrak, kunci pass dan tentu saja ban cadangan. Cek selalu semuanya saat Anda melakukan perjalanan terutama perjalanan jauh.

- Sekring, si kecil ini harus ada di dalam dashboard mobil Anda. Fungsinya untuk mengganti komponen sekring yang putus atau korslet.

- Buku manual jangan lupa dibawa selalu. Agar apabila terjadi sesuatu pada mobil anda bisa mendeteksinya dengan bantuan buku manual mobil ini.

- Segitiga pengaman berfungsi untuk memberikan peringatan apabila terjadi mogok, ganti ban atau memperbaiki mobil dipinggir jalan.

- Pengukur tekanan angin ban juga perlu dibawa. Agar bisa mengecek tekanan angina yang tepat pada saat dalam perjalanan.

- Pisau lipat multifungsi. Pisau ini biasanya berisikan obeng kecil, pembuka botol, pisau, gunting dan fungisl lainnya.

- Kain lap kaneebo atau sarung tangan. Mengelap cairan yang tumpah, sedangkan Sarung tangan berfugnsi untuk melindungi telapak ketika mengganti ban atau mengecek bagian mobil.

- Kabel jumper dibutuhkan saaat aki mobil tekor, tidak bisa starter dengan baik. Dengan kabel jumper anda bisa menggunakan aki mobil lain untuk menstarter mobil.

- Selotip atau isolasi berfungsi untuk membungus kabel yang terluka dan juga bisa menambal kaca pecah dan lain-lain. Gunakan bahan isolasi yang tahan panas dan tebal.

- Tali tambang digunakan untuk menarik mobil apabila mobil mogok dan tidak bisa diatasi dengan cepat dan membutuhkan peralatan khusus dari bengkel mobil.

- Jasa hujan atau kantung sampah besar. Digunakan untuk mengecek mobil aatu kolong mobil pada saat hujan.


Dengan adanya emergency tools dan persiapan yang tepat, semua masalah pada mobil akan cepat terselesaikan. Semoga tips otomotif ini bisa bermanfaat untuk kita semua. (wf)
 
Toggle Footer