Breaking News
Loading...
Monday, 28 October 2013

Tips Mengendarai Motor Saat Hujan

Majalah Otomotif - Musim hujan telah tiba. Bagi anda yang membawa motor ada baiknya mempersiakan diri sebaik mungkin agar terhindar dari banjir, jalan licin dan kecelakaan di jalan raya.

Mengendarai motor di saat hujan bisa menyebabkan konsentrasi jadi terganggu baik itu karena jarak pandang berkurang, daya cengkram ban kurang bagus dan juga badan menggigil karena kedinginan.

tips mengendarai motor saat hujan


Untuk mengantisipasi hal ini, simak  tips bersepeda motor di saat hujan dibawah ini:

- Pastikan kondisi tubuh anda fit. Karena membawa motor pada saat hujan sangat membutuhkan konsentrasi yang tinggi.

- Gunakan jas hujan yang sesuai dengan ukuran tubuh sehingga tidak menghambat gerak tangan, kaki, kepala, hingga seluruh tubuh pada saat berkendara. Hindari menggunakan jas hujan ponco karena bisa mengganggu pandangan orang yang di belakangnya.

- Simpanlah dokumen seperti dompet, sim, stnk , ponsel dan barang bawaan Anda ditempat yang bebas dari air hujan atau dibungkus dengan plastic.

- Gunakan sepatu boot, sehingga kaki tidak kemasukan air dan terlindungi dari dingin.

- Periksa kondisi ban motor, apabila tapaknya sudah habis sebaiknya diganti dengan yang baru. Tapak yang habis bisa berbahaya karena licin dikendarai saat hujan dan menyebabkan kecelakaan.

- Periksa tekanan angin ban, sesuaikan dengan tekanan angin dari pabrik ban. Jangan terlalu keras atau terlalu kempes.

- Periksa kondisi rem motor, apabila tidak berfungsi maksimal sebaiknya diganti dengan yang baru.

- Periksa kelistrikan motor, seperti lampu utama, lampu sign dan lampu rem berfungsi dengan normal. Cahaya lampu sangat membantu pengguna jalan lain mengetahui keberadaan motor disaat hujan.

- Hati-hati dengan genangan air, apabila genangan air terlihat mencurigakan sebaikya jangan diterobos, karena bisa mengakibatkan mesin motor kemasukan air dan mogok.

- Apabila hujan terlalu deras, sebaiknya menepilah dan beteduh ditempat yang aman dan tidak mengganggu pengguna jalan lain.

- Kurangi kecepatan pada saat menembus hujan. Jangan tergesa-gesa karena jarak pandang dan daya cengkram ban berkurang bisa mengakibatkan kecelakaan.

- Gunakan helm dengan kaca anti embun, sehingga pandangan Anda dari dalam helm tidak terganggu.


Semoga tips otomotif ini bisa bermanfaat untuk kita semua. (wf)
 
Toggle Footer